Selasa, 28 Agustus 2012

Nasihat Orang Tua Kepada Putra Putrinya Ketika Menikah


Wahai putriku, ketahuilah istri yang baik itu,…..adalah :
  1.  Selalu tampil dengan dandanan rapih dan indah dihadapan suami,selalu bersih, baik badan, pakaian, rumah, maupun lingkungan. istriyang tidak mengindahkan kebersihan menjauhkan suami danmendorongnya kepelukan wanita lain yang bersih.
  2. Putriku, taat dan patuhlah kepada suamimu tetapi bukan dalamberma’siat kepada Allah SWT., Peliharalah anak-anakmu kelak dantidak diasuh oleh pelayan atau tangan orang lain didiklah anak-anakmudengan keimanan dan akhlak yang baik.
  3. Selalulah kamu rela dan puas dengan pemberian suamimu baiksedikit maupun banyak dan janganlah menuntut suami dengan hal-halyang diluar kemampuannya.
  4. Uruslah rumah tanggamu dengan baik dan membelanjakan uangpada tempat yang benar, sasaran yang baik, dan hal-hal yangdiperlukan saja.
  5. Peliharalah pakaianmu, perabot, dan alat rumah tangga agar lebihawet. Hal yang demikian lebih meringankan beban suami danmeningkatkan simpati serta menimbulkan penghargaan dari suamiterhadap diri sang istri.
  6. Berakhlak baik dalam sikap, tindakan, dan tutur katamu. Selalutersenyum dalam menyambut suami dengan ucapan yangmenyenangkan dan melegakan hati. Penuh cinta dan kasih sayang.
  7. Bergaulah dengan keluarga suami dengan baik, terutama ibumertuamu. hormatilah, sayangilah, dan bersikap lemah lembut danmengalah terhadap mereka. Tidak memonopoli suami danmenempatkan suami dalam keadaan sulit, yaitu memilih ibu atau istri.Suami yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berbaktikepada orang tua pasti akan memilih ibunya.
  8. Hormati cita rasa suami. Menyertai suami dalam hati nurani dantenggang rasa. Berhati-hati dalam melontarkan ucapan jangan sampaimenyinggung dan melukai perasaan suami. Memberi kesan atauisyarat cinta kasih dan rasa bangga, demi memperkokoh kelestarianikatan pernikahanmu.


Dan kepada putraku,ketahuilah Suami yang baik itu,…….adalah :
  1.  Memiliki kelebihan dalam soal kebenaran dan kejujuran sejak akanmeminang. Berterus terang dalam menerangkan umur dan lainnya.
  2.  Senang bersendau gurau, ramah tamah terhadap istri, memberi istrihak untuk hiburan, kesenangan yang wajar. Pergi bersama untuk hadirresepsi, ziarah dll
  3.  Tidak terlalu cemburu, sabar, tidak banyak mengoreksi danmencari-cari kesalahan istri, jujur , terbuka, tidak suka menggunakanancaman cerai dan selalu bertanggungjawab.
  4.  Dengan istri selalu berbicara dengan sopan, lembut dan beradap
  5.  Memberi nafkah yang halal kepada keluarga dengan keseimbangan,tidak boros dan tidak kikir. Tidak membeli barang yang tidakdiperlukan
  6.  Selalu tampil indah dan berdandan baik, apa yang terlihat oleh istridari suami ialah yang baik dan harum.
  7. Menyimpan rahasia keluarga dan rahasia rumah tangga yang dapatmenjadi buah bibir dan bahan cerita dalam masyarakat.
  8. Memelihara penampilan yang berwibawa, penuh cinta, menyayangi,menghormati, menghargai dan memuliakan keluarga istri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar